Jumat, 02 Oktober 2015

Kampung Batik Giriloyo Menjadi Pusatnya Pengrajin Batik Tulis Di Yogyakarta

Kampung Batik Giriloyo Menjadi Pusatnya Pengrajin Batik Tulis Di Yogyakarta - Pusat Batik Yogyakarta :  Kampung Batik Giriloyo sebenarnya adalah nama sebuah perkampungan di Yogyakarta yang mayoritas penduduknya berprofesi sebagai pengrajin batik tulis tradisional. Secara geografis kampung batik giriloyo ini letaknya ada di selatan Kota Yogyakarta lebih tepatnya di Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul Yogyakarta yang saat ini terkenal sebagai sentra batik tulis yogyakarta. Karena di kampung inilah batik tulis asli Yogyakarta di buat oleh tangan-tangan terampil pengrajin batik tradisional. Sebagaimana anda ketahui, bahwa kerajinan seni batik tulis sudah menancap di Kampung ini berabad-abad tahun lamanya sejak zaman berjayanya keraton Yogyakarta yang di wariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi, hingga saat ini.



Hubungi Kami:

085-729-269-403

085-215-997-478

BB  : 5291-32F2

Dsn. Giriloyo - Ds. Wukirsari 02/20 -Kec. Imogiri - Kab. Bantul Yogyakarta

Di Area Kampung Wisata Kerajinan Batik Giriloyo ini pula terdapat Komplek Pemakaman Raja-Raja Solo dan Jogyakarta, terasa sekali aura tenang, aura mistis yang damai berbau suasana daerah tua, tidak jauh dari pengaruh budaya kota.   Kebanyakan warganya ini menjunjung tinggi unggah-ungguh lan tepo sliro, hal ini di sebabkan oleh budaya keraton yang masih sangat melekat. Warga kampung (khusus nya yang laki-laki) sampai saat ini masih banyak yang dengan setia mengabdi menjadi abdi dalem keraton Yogyakarta walau tidak ditunjang dengan gaji besar.  Mayoritas  warga kampung batik Giriloyo adalah cucu buyut abdi dalem keraton, sudah turun-temurun mengabdi sebagai abdi dalem. Pria dan wanita menjadi abdi dalem bertugas di Makam Imogiri, sebagian lagi bertugas piket di rumah kabupaten untuk melayani Kanjeng Pangeran Haryo Suryonagoro yang menjadi Bupati Juru kunci Makam Raja-Raja saat ini, beliau adalah wayah dalem Raja Pakubuwono X. Para abdi dalem ini bergilir piket untuk bertugas  jaga.

Jika anda berwisata ke Yogyakarta, silahkan berkunjung ke kampung Batik Giriloyo. Di kampung ini anda dapat belanja batik tulis asli yogyakarta, selain itu anda juga dipersilahkan untuk ikut serta wisata batik yakni melihat dan belajar secara langsung proses pembuatan batik tulis yogyakarta dari para pengrajin batik tulis tradisional Giriloyo yang di bekali dengan totorial cara membuat batik tulis untuk pemula. Jika anda mau, disini anda juga punya kesempatan belajar membuat batik tulis yang akan di pandu oleh para pengrajin batik setempat. Jika mau mempelajari lebih dalam, di kampung ini juga ada tempat privat membatik di Yogyakarta.

Sebagian besar masyarakat di kampung Batik Giriloyo, Yogyakarta khususnya ibu-ibu rumah tangga berprofesi sebagai pengrajin batik tulis, mereka rela mengabdikan diri menggoreskan canthing menghabiskan waktu duduk hampir seharian penuh menahan pegal untuk membatik. Jadi ketika anda pergi ke Giriloyo, pasti anda akan menemukan Ibu-ibu rumah tangga yang sedang membatik menorehkan malam (lilin) pada selembar kain mori.

Sebenarnya, jika di lihat dari upah yang di terima dengan berprofesi pengrajin batik di Sentra Batik Tulis Giriloyo, Sungguh tidak sebanding dengan jerih payahnya dalam proses pembuatan batik yang memakan waktu cukup lama, dua minggu hingga satu bulan lamanya. Semuanya butuh proses, kesababaran, ketekunan dan juga ketelatenan. Itulah jerih payah kami, sebagai warga kampung batik giriloyo dalam mengabdikan diri untuk melestarikan warisan tradisi budaya Indonesia. Dan kiranya kami berharap penduduk Indonesia bangga dengan hasil karya bangsa sendiri mereka dengan membeli dan memakai produk anak bangsa khusus nya butik batik tulis yogyakarta, dan merasa bangga menunjukkan kepada dunia: inilah produk asli Indonesia. Mungkin itu sedikit cerita tentang kampung kami, Kampung Batik Giriloyo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar